Silabus pembelajaran (TIK) BERKARAKTER
Sekolah : UPTD SMP NEGERI 1 PAKEL
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Alokasi waktu : 1 x 45 menit
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai karakter
| |||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||
1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
Tampilan menu dan ikon pada pengolah kata
Ø Tampilan menu dan ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
Ø Menemukan nama menu dan ikon pada menu bar, toolbar standard, formatting menu dan toolbar drawing
Ø Melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
|
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar secara teliti
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard dengan teliti
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu dengan teliti
Ø Dengan penuh ketelitian Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing,
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar standard!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!
|
1 x 45
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Teliti
Teliti
Teliti
Teliti
| |
1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
Fungsi Menu dan Ikon
Ø Fungsi menu dan ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Fungsi menu dan Ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati menu dan ikon pada menu bar, toolbar standard, toolbar formatting dan toolbar drawing.
Ø Melakukan studi pustaka tentang menu dan ikon pada program pengolah kata
Ø Mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya
|
Ø Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar dengan penuh ketelitian
Ø Semangat pantang menyerah dalam Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Menjelaskan secara cermat dan teliti menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Menjelaskan secara teliti menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan fungsi dari menu Edit pada menu bar!
Jelaskan fungsi dari ikon Paste pada toolbar standard!
Jelaskan fungsi dari ikon bold pada toolbar formatting!
Jelaskan fungsi dari ikon Text Box pada toolbar drawing!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Teliti
Pantang menyerah
Teliti
Teliti
| |
1.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah kata
|
Cara menggunakan Menu dan Ikon
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, table, window, help)
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar standard
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar formatting
Ø Cara menggunakan menu dan Ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Rasa ingin tahu Menggunakan menu dan ikon pada menu bar
Ø Dengan rasa ingin tahu Menggunakan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Teliti dalam Menggunakan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Menggunakan menu dan ikon secara teliti pada toolbar drawing
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada menu bar!
Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada toolbar standard!
Praktikkanlah
cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada toolbar formatting!
Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada pada toolbar drawing!
|
2 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
teliti
teliti
| |
1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Format teks
Ø Edit teks
Ø Format paragraf
Ø Penyisipan objek
Ø Format halaman
Ø Mencetak dokumen
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Membuat dokumen dengan berbagai format teks
Ø Melakukan edit teks pada dokumen
Ø Membuat dokumen dengan berbagai format paragraf
Ø Membuat dokumen dengan menyisipkan objek
Ø Membuat dokumen dengan memformat halaman
Ø Mencetak dokumen
|
Ø Kreatifitas Membuat dokumen baru
Ø Melakukan format teks pantang menyerah
Ø Mengedit teks secara teliti
Ø Mengatur format paragraf dengan Teliti
Ø Ingin tahu Menyisipkan objek
Ø Ingin tahu Mengatur format Halaman
Ø Ingin Tahu Mencetak dokumen/berkas
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Buatlah dokumen pengolah kata baru!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan format teks!
Editlah dokumen yang telah kamu buat dengan cara menghapus, menyalin data dan menambahkan teks!
Lakukanlah pengaturan paragraf terhadap dokumen pengolah kata yang telah kamu buat!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan menyipsikan objek Clip Art dan WordArt!
Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan pengaturan halaman!!
Cetaklah dokumen yang telah kamu buat dengan ukuran kertas folio!
|
8 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Kreatif
Pantang menyerah
Teliti
Teliti
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
| |
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran TIK
Drs. GENDUT SUKANDAR
NIP 19670222 199802 1003
|
Silabus pembelajaran (TIK) BERKARAKTER
Sekolah : UPTD SMP NEGERI 1 PAKEL
Kelas : VIII (delapan)/
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
2. 1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
Tampilan menu dan ikon:
Ø Tampilan menu dan ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, data, window, help)
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Tampilan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
Ø Menemukan nama menu dan ikon pada menu bar, toolbar standard, toolbar formatting dan toolbar drawing
Ø Melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
|
Ø Teliti Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon pada toolbar standard Secara Teliti
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon secara teliti pada toolbar formatting
Ø Mengindentifikasi menu dan ikon pada toolbar drawing dengan teliti
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar standard!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar formatting!
Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada toolbar drawing!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Teliti
teliti
Teliti
Teliti
|
2.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
Fungsi Menu dan Ikon
Ø Fungsi menu dan ikon pada menu bar
(file, edit, view, format, tool, data, window, help)
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Fungsi menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Fungsi menu dan Ikon pada toolbar drawing
|
Ø Mengamati menu dan ikon pada menu bar, toolbar standard, toolbar formatting dan toolbar drawing.
Ø Melakukan studi pustaka tentang menu dan ikon pada program
pengolah angka
Ø Mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya
|
Ø Teliti Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar
Ø Menjelaskan secara teliti menu dan ikon pada toolbar standard
Ø Dengan teliti Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar formatting
Ø Dengan ketelitian Menjelaskan menu dan ikon pada toolbar drawing
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan fungsi dari menu Format cell pada menu bar!
Jelaskan fungsi dari ikon Auto Sum pada toolbar standard!
Jelaskan fungsi dari ikon Merge and Center pada toolbar formatting!
Jelaskan fungsi dari ikon Arrow pada perangkat lunak pengolah kata yang ter-install!
|
1 x 40
|
Komputer,
buku paket,
lembar kerja
|
Teliti
Teliti
Teliti
Teliti
|
2.4. Membuat dokumen pengolah angka sederhana
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Pengaturan lebar kolom dan tinggi baris
Ø Letak data
Ø Pengaturan tampilan Border
Ø Pengeditan kolom dan baris
Ø Penyisipan Objek
Ø Format Bilangan
Ø Rumus dan Fungsi
Ø Pengaturan Halaman
Ø Mencetak dokumen
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Membuat dokumen dengan mengatur lebar kolom dan baris
Ø Meletakkan data pada dokumen
Ø Mengatur border pada dokumen
Ø Mengedit kolom dan baris pada worksheet
Ø Membuat spreadsheet dengan menyisip objek
Ø Membuat dokumen dengan menggunakan berbagai format bilangan
Ø Membuat dokumen dengan menggunakan berbagai rumus dan fungsi bilangan
Ø Mengatur halaman pada dokumen
Ø Mencetak dokumen
|
Ø Rasa ingin tahu Membuat dokumen baru
Ø Pantang menyerah Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
Teliti dalam Meletakkan data
Ø Rasa ingin tahu Mengatur tampilan Border
Ø Pantang menyerah Mengedit kolom dan baris
Ø Menyisipkan objek dengan teliti
Ø Rasa ingin tahu Mengatur format bilangan
Ø Rasa inggin tahu Menggunakan rumus dan fungsi
Ø Rasa ingin tahu dalam membuat dokumen daptar gaji dengan meng
gunakan rumus fungsi
Ø Mengatur Halaman dengan teliti
Ø Rasa ingin tahu Mencetak dokumen
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja
Tes uji kerja dan produk
Tes uji kerja dan produk
|
Buatlah dokumen baru berupa tabel sederhana!
Lakukanlah pengaturan lebar kolom dan tinggi baris dengan menyesuaikan datanya!
Letakan data sesuai dengan jenis datanya!
Buatlah garis tabel sesuai dengan datanya!
Hapuslah kolom yang tidak diperlukan pada sebuah tabel dan sisipkan kolom baru untuk menambarh data kolom pada tabel tersebut!
Buatlah karya tabel dengan menyisipkan berbagai objek untuk dapat dipublikasikan!
Formatlah kolom ”jumlah” yang terdapat pada tabel menggunakan format mata uang rupiah!
Buatlah Daftar gaji karyawan menggunakan rumus dan fungsi!
Lakukanlah pengaturan halaman dari karya yang telah dibuat disesuaikan dengan ukuran kertasnya!
Lakukanlah pengaturan pencetakan sesuai dengan jenis printer dan cetaklah karya yang telah dibuat.
|
8 x 40
|
Komputer, buku paket,
lembar kerja
|
Rasa ingin tahu
Pantang menyerah
Teliti
Ingin tahu
Pantang menyerah
Teliti
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Teliti
Rasa ingin tahu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
please write good text only.....God bless you admin