Silabus pembelajaran ( TIK ) BERKARAKTER
Sekolah : UPTD
SMP NEGERI 1 PAKEL
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Semester : 1
(satu)
Standar Kompetensi : 1.Memahami dasar-dasar penggunaan
Internet/intranet
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1. Menjelaskan
pengertian
Internet/
Intranet
|
Pengertian internet/ intranet
|
Ø Melakukan studi pustaka
tentang dasar-dasar sistem jaringan
internet/intranet
Ø Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet
|
Ø Secara teliti Menjelaskan pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian internet!
Jelaskan
pengertian intranet!
|
1 x 40
|
Komputer,
koneksi
internet,
lembar kerja,
buku paket,
tayangan
|
Teliti
|
1.2.Mendeskripsi-
kan dasar-
dasar sistem
jaringan di
Internet/
Intranet
|
Dasar-dasar jaringan internet/ intranet
|
Ø Mengamati visualisasi
tentang dasar-dasar sistem jaringan:
Ø Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet
|
Ø Dengan pantang menyerah Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar
sistem jaringan:
-internet
-intranet secara terperinci dan teliti
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan tentang
jaringan:
-internet
-intranet
Jelaskan tentang
jaringan:
-internet
-intranet
|
1 x 40
|
Komputer,
koneksi
internet,
lembar kerja,
buku paket,
tayangan
|
Pantang menyerah
Teliti
|
1.3.Mengenal
ukuran
kecepatan
akses Internet
1.4. Mengidentifikasi perangkat
keras yang digunakan dalam akses internet/Intranet
|
Ukuran kecepatan akses
internet
Persyaratan perangkat keras
internet/intranet
|
Ø Mengamati demonstrasi akses
internet dengan mengukur kecepatan akses.
Ø Melakukan studi pustaka
tentang ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengemati perangkat keras
untuk keperluan akses internet/intranet
yang terdapat di lab. komputer (melalui tayangan)
Ø Mencocokkan peralatan yang
digunakan internet/intranet sesuai diagram jaringan
Ø Melakukan studi pustaka
tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
|
Ø Pantang menyerah dalam Menjelaskan
ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi secara teliti mengenai ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran
yang digunakan
Ø Ketelitian dalam Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya
untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi dan mengetahui peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi dan mengetahui fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
secara cermat dan teliti.
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian/
pilihan ganda
Tes
indentifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Jelaskan ukuran
kecepatan akses internet!
Indetifikasikan
ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
Tunjukkanlah
perangkat keras yang digunakan internet/
intranet!
Tunjukanlah
peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!
Tunjukkan
peralatan yang digunakan internet!
|
2 x 40
4 x 40
|
Komputer,
koneksi
internet,
lembar kerja,
buku paket,
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, buku paket
|
Pantang menyerah
Teliti
Teliti
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu dan
teliti
|
1.5. Melakukan berbagai cara untuk
memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
Penyambungan
Internet/Intranet
|
Ø Melakukan studi pustaka
tentang tatacara penyambung-an internet
Ø Mengamati tayang simulasi.
penyambungan internet
Ø Melakukan sambungan Internet/Intranet melalui koneksi yang
terdapat di lab. Komputer.
|
Ø Menjelaskan secara terperinci dan teliti tentang beberapa cara sambungan internet/intranet
Ø Rasa ingin tahu dan pantang
menyerah dalam Melakukan sambungan Internet
menggunakan Dial-up (Saluran
komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau
Satelit).
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian
Tes uji kerja
|
Jelaskan tata
cara penyambungan internet menggunakan dial-up
Lakukan
penyambungan internet menggunakan Dial-up
(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi
internet,
lembar kerja,
buku paket,
tayangan
|
Teliti
Ingin tahu dan pantang
menyerah
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran TIK
Drs. GENDUT SUKANDAR
NIP. 19670222 199802 1 003
|
|
|
Silabus pembelajaran (TIK) BERKARAKTER
Sekolah : UPTD
SMP NEGERI 1 PAKEL
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Semester : 2
(dua)
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan
Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2. 1. Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
|
Akses internet
Ø Perangkat lunak yang
digunakan untuk mengakses internet
Ø Penulisan nama domain
Ø
Search engine
|
Ø
Mengamati
dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang
terdapat di lab. Komputer
Ø
Mencoba
mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada address bar pada perangkat lunak yang
digunakan
Ø Melakukan pelacakan alamat
Web melalui search engine
|
Ø Rasa ingin tahu untuk Mengidentifikasi secara teliti perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø
Mengidentifikasi
secara teliti tentang nama domain internet
Ø Pantang menyerah dalam Melakukan
pelacakan alamat Web melalui search
engine
|
Observasi
Tes
Praktik (kinerja)
Tes
Praktik (kinerja)
|
Lembar observasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah perangkat lunak
yang digunakan untuk mengakses internet!
Akseslah situs komersial,
pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!
Carilah situs tentang penjualan komputer!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
Rasa ingin tahu dan teliti
Teliti
Pantang menyerah
|
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang
ada di internet
|
Ø
Layanan
Internet (http, chatting, email, download, upload dan mailing list)
|
Ø Menemukan layanan yang ada
di internet
Ø Menemukan manfaat layanan internet
Ø Melakukan studi pustaka
tentang layanan informasi dan manfaatnya di internet
|
Ø Secara teliti Mengidentifikasi, layanan yang ada di internet untuk diketahui
Ø Dengan cara Mengidentifikasi secara teliti manfaat dari layanan internet untuk diketahui
|
Observasi
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
Tunjukkanlah layanan yang terdapat di internet!
Jelaskan manfaat layanan internet!
|
4 x 40
|
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
Teliti dan ingin tahu
Teliti dan ingin tahu
|
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh
informasi yang bermanfaat
|
Ø Men-download informasi dari internet
Ø Pengolahan informasi dari
internet
|
Ø Melakukan pencarian
informasi dengan mengakses internet
Ø Melakukan proses download dengan mengambil beberapa
informasi yang diperlukan
Ø Mengolah informasi hasil download yang diperoleh menggunakan
program yang sesuai
|
Ø Rasa pantang
menyerah dalam Men-download informasi untuk diketahui
Ø Dengan kreatif, pantang menyerah
dalam Mengelolah informasi menggunakan
program aplikasi
|
Penugasan individual atau kelompok
Penugasan individual atau kelompok
|
Proyek
Proyek
|
Carilah beberapa informasi
yang terdapat di internet, download
informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi
yang sesuai
|
4 x 40
|
Komputer, koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
|
Pantang menyerah dan ingin tahu
Kreatif, pantang menyerah
|
Keterangan:
*)
Sesuai dengan standar proses,
pelaksanaan pembelajaran terdiri atas
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada model silabus ini kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran TIK
Drs.
GENDUT SUKANDAR
NIP. 19670222 199802 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
please write good text only.....God bless you admin