SELAMAT DATANG DI BLOG MR.GEN.SU

SILABUS TIK KELAS IX


  1. Silabus pembelajaran ( TIK )  BERKARAKTER


Sekolah                         :  UPTD SMP NEGERI 1 PAKEL
Kelas                             :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran              :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                       :  1 (satu)
                                       
Standar Kompetensi   :  1.Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1.  Menjelaskan 
       pengertian
       Internet/   
       Intranet

Pengertian internet/ intranet
Ø  Melakukan studi pustaka tentang  dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet

Ø  Mengamati tayangan tentang:
      -internet
      -intranet
Ø  Secara teliti Menjelaskan pengertian:
      -intranet
      -internet





Tes tertulis





Uraian







Jelaskan pengertian internet!




Jelaskan pengertian intranet!

1 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan

Teliti

1.2.Mendeskripsi-
      kan dasar-
      dasar sistem
       jaringan di
       Internet/    
       Intranet

Dasar-dasar jaringan internet/ intranet
Ø  Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:


Ø  Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet
Ø  Dengan pantang menyerah Menjelaskan  dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Ø  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet secara terperinci dan teliti
Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian






Uraian
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet



Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet

1 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
Pantang menyerah





Teliti

1.3.Mengenal
       ukuran
       kecepatan
       akses Internet









1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/Intranet
Ukuran kecepatan akses internet











Persyaratan perangkat keras internet/intranet
Ø  Mengamati demonstrasi akses internet dengan mengukur kecepatan akses.
Ø  Melakukan studi pustaka tentang ukuran kecepatan akses internet



Ø  Mengemati perangkat keras untuk keperluan akses internet/intranet yang terdapat di lab. komputer (melalui tayangan)
Ø  Mencocokkan peralatan yang digunakan internet/intranet sesuai diagram jaringan

Ø  Melakukan studi pustaka tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
Ø  Pantang menyerah dalam Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet

Ø  Mengidentifikasi secara teliti mengenai ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Ø  Ketelitian dalam Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet



Ø  Mengidentifikasi dan mengetahui peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

Ø  Mengidentifikasi dan mengetahui fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet secara cermat dan teliti.
Tes tertulis



Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)






Tes praktik (kinerja)




Tes praktik (kinerja)

Uraian/
pilihan ganda


Tes indentifikasi




Tes identifikasi







Tes identifikasi





Tes identifikasi
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!


Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!

Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/ intranet!





Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan sebutkan fungsinya!


Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!
2 x 40












4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,








Komputer, koneksi internet, lembar kerja, buku paket
Pantang menyerah



Teliti







Teliti







Rasa ingin tahu





Rasa ingin tahu dan teliti


1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
Penyambungan Internet/Intranet
Ø  Melakukan studi pustaka tentang tatacara penyambung-an internet

Ø  Mengamati tayang simulasi. penyambungan internet
Ø  Melakukan sambungan Internet/Intranet melalui koneksi yang terdapat di lab. Komputer.
Ø  Menjelaskan secara terperinci dan teliti tentang beberapa cara sambungan internet/intranet

Ø  Rasa ingin tahu dan pantang menyerah dalam Melakukan sambungan  Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).
Tes tertulis




Tes praktik (kinerja)







Uraian





Tes uji kerja
Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan dial-up

Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!
4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket,
tayangan
Teliti





Ingin tahu dan pantang menyerah







Mengetahui
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran TIK


                              Drs. GENDUT SUKANDAR
    NIP. 19670222 199802 1 003



Silabus pembelajaran (TIK) BERKARAKTER


Sekolah                         :  UPTD SMP NEGERI 1 PAKEL
Kelas                             :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran              :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                       :  2 (dua)
                                       
Standar Kompetensi   :  2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran *)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2. 1. Mendemontrasikan akses internet  sesuai dengan prosedur

Akses internet
Ø  Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet





Ø  Penulisan nama domain







Ø  Search engine


Ø  Mengamati dan menemukan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terdapat di lab. Komputer

Ø  Mencoba mengakses situs internet dengan mengetikkan nama domain pada address bar pada perangkat lunak yang digunakan

Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine


Ø  Rasa ingin tahu untuk Mengidentifikasi secara teliti perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø  Mengidentifikasi secara teliti tentang nama domain internet





Ø  Pantang menyerah dalam Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

Observasi








Tes
Praktik (kinerja)






Tes
Praktik (kinerja)

Lembar observasi







Tes uji kerja








Tes uji kerja

Tunjukkanlah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet!




Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!



Carilah situs tentang  penjualan komputer!

4 x 40

Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket

Rasa ingin tahu dan teliti






Teliti








Pantang menyerah



2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

Ø  Layanan Internet (http, chatting, email, download, upload dan mailing list)

Ø  Menemukan layanan yang ada di internet




Ø  Menemukan manfaat layanan internet

Ø  Melakukan studi pustaka tentang layanan informasi dan manfaatnya di internet
Ø  Secara teliti Mengidentifikasi, layanan yang ada di internet untuk diketahui


Ø  Dengan cara Mengidentifikasi secara teliti manfaat dari layanan internet untuk diketahui


Observasi






Tes tertulis



Lembar observasi





Uraian




Tunjukkanlah  layanan yang terdapat di internet!




Jelaskan manfaat layanan internet!

4 x 40
Komputer,
koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
Teliti dan ingin tahu





Teliti dan ingin tahu





2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
Ø  Men-download informasi dari internet








Ø  Pengolahan informasi dari internet

Ø  Melakukan pencarian informasi dengan mengakses internet







Ø  Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan


Ø  Mengolah  informasi hasil download yang diperoleh menggunakan program yang sesuai
Ø  Rasa pantang menyerah dalam Men-download informasi untuk diketahui






Ø  Dengan kreatif, pantang menyerah dalam  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi
Penugasan individual atau kelompok







Penugasan individual atau kelompok


Proyek










Proyek
Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai
4 x 40
Komputer, koneksi internet,
lembar kerja, buku paket
Pantang menyerah dan ingin tahu







Kreatif, pantang menyerah










Keterangan:
*) Sesuai dengan standar proses,  pelaksanaan pembelajaran terdiri atas  kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada model  silabus ini kegiatan pembelajaran hanya berisi  kegiatan inti.                                                                                                                                                                                             







               
Mengetahui
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran TIK


                                         Drs. GENDUT SUKANDAR
   NIP. 19670222 199802 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please write good text only.....God bless you admin